Minggu, 04 Oktober 2020

RPP Mapel Dasar Desain Grafis KD 3.2 & KD 4.2 SMK kelas X Multimedia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SatuanPendidikan : SMK Negeri 1 Bokat
Kelas/Semester : X / I
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Paket Keahlian : Multimedia
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis 
AlokasiWaktu         : 5 jam (5 x 45 menit)

A. Kompetensi Inti
    KI 1 :
Memahami , menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,  konseptual,operasional dasar dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja teknik   komputer dan jaringan pada tingkat teknis, spesifikasi detil. 
    KI 2    :
Melaksanakan tugas spesifik,dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika

B. Kompetensi Dasar 
        3.2  Memahami fungsi dan bentuk warna
        4.2   Menempatkan berbagai fungsi dan bentuk warna

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. Mengetahui fungsi dan bentuk warna.
  2. menerapkan fungsi dan bentuk warna. 
  3. menggunakan fungsi dan bentuk warna.
  4. Mengimplementasikan fungsi dan bentuk warna.

D. Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat mengetahui fungsi dan bentuk warna
  2. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi dan bentuk warna
  3. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat mengganti fungsi dan bentuk warna.
  4. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat menerapkan fungsi dan bentuk warna pada lembar kerja desain grafis.

E. Materi Pembelajaran
  1. Siswa dapat memahami bentuk layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
  2. Siswa dapat mengetahui letak layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
  3. Siswa dapat menerapkan layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
F. Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan : Saintifik
  2. Model Pembelajaran : Discovery
  3. Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

G. Alat/Media/Sumber Belajar
  1. Alat/Bahan : Perangkat Komputer , Laptop dan software desain grafis 
  2. Media : Perangkat Komputer, Laptop, Lcd proyektor sebagai media presentasi
  3. Sumber Belajar  : buku panduan desain grafis, internet, video tutorial desai grafis.

H. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Alokasi waktu : 2 x 45 menit

Pendahuluan | 30 menit 
1. Memberi salam dan berdo’a sebelum belajar (khusus untuk jam pertama)
2. Memeriksa kehadiran siswa
3. Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
5. Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan

Inti | 45 menit
Fase 1 
Mengamati
Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan berkaitan dengan fungsi dan bentuk warna.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh guru.

Fase 2 
Menanya
Guru memotivasi peserta didik pada masing-masing kelompok untuk menanyakan berkaitan dengan fungsi dan bentuk warna. 
Guru memeriksa hasil kerja peserta didik 

Fase 3
Mengumpulkan informasi
Guru mendorong dan membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi (mengeksplorasi) fungsi dan bentuk warna. 

Fase 4
Mengasosiasi
Menganalisis data hasil diskusi
Membuat kesimpulan hasil diskusi

Fase 5
Mengkomunikasikan
Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari fungsi fungsi dan bentuk warna. 


Penutup  | 15  menit
1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama


Pertemuan 2
Alokasi waktu : 3 x 45 menit

Pendahuluan | 15 menit
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
4. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengingatkan siswa tentang materi 
        sebelumnya.

Inti | 105 Menit
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (mengkomunikasikan)
Guru mendorong peserta didik untuk memamerkan hasil karya berupa laporan hasil diskusi kelompok
Peserta didik memamerkan hasil karya laporan hasil diskusi kelompok
Guru menugaskan peserta didik untuk menyempurnakan diagnosis
Peserta Menyampaikan hasil konseptualisasi berbagai parameter bentuk fungsi dan bentuk warna pada lembar kerja desain  grafis. dalam bentuk lisan ataupun tertulis

Penutup  | 15  menit
1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama

I. Alat/Media/Sumber Belajar
Alat / Media
1. Alat/Bahan : Perangkat Komputer , Laptop dan software desain grafis 
2. Media : Perangkat Komputer, Laptop, Lcd proyektor sebagai media presentasi
3. Sumber Belajar  : buku panduan desain grafis, internet, video tutorial desai grafis.

Penilaian
a. Penilaian Sikap
        1) Instrumen dan Rubrik Penilaian 
        2) Indikator Penilaian Sikap
b. Penilaian Pengetahuan
        1) Kisi-kisi dan soal
        2) Opsi Jawaban
        3) Instrumen dan Rubrik Penilaian
c. Penilaian Keterampilan
        1) Instrumen dan Rubrik Penilaian 
        2) Indikator Penilaian Keterampilan

Tes 
Tes tertulis bentuk uraian 

          
Mengetahui,                                                                            Bokat,   Juli  2020
Kepala SMKN 1 Bokat                                                            Guru Mata Diklat



Dra. Fatmawati A. Dompal, M.Pd                                            Abdullah, S.Pd
NIP. 196405021995022001                                                    NIP 198607282017081001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler