RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SatuanPendidikan : SMK Negeri 1 Bokat
Kelas/Semester : X / I
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Paket Keahlian : Multimedia
Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis
AlokasiWaktu : 5 jam (5 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti
KI 1 :
Memahami , menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,operasional dasar dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja teknik komputer dan jaringan pada tingkat teknis, spesifikasi detil.
KI 2 :
Melaksanakan tugas spesifik,dengan menggunakan alat,informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Komputer dan Informatika
B. Kompetensi Dasar
3.1 memahami layout dan komposisi
4.1 membuat layout dan komposisi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
- Mengetahui layout dan komposisi
- menerapkan layout dan komposisi pada lembar kerja.
- menggunakan layout dan komposisi
- Mengimplementasikan layout dan komposisi untuk membuat objec sederhana.
D. Tujuan Pembelajaran
- Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat Mengetahui layout dan komposisi
- Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat mengidentifikasi layout dan komposisi
- Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat mengganti layout dan komposisi.
- Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat menerapkan layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
E. Materi Pembelajaran
- Siswa dapat memahami bentuk layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
- Siswa dapat mengetahui letak layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
- Siswa dapat menerapkan layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis.
- Pendekatan : Saintifik
- Model Pembelajaran : Discovery
- Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan
G. Alat/Media/Sumber Belajar
- Alat/Bahan : Perangkat Komputer , Laptop dan software desain grafis
- Media : Perangkat Komputer, Laptop, Lcd proyektor sebagai media presentasi
- Sumber Belajar : buku panduan desain grafis, internet, video tutorial desai grafis.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Alokasi waktu : 2 x 45 menit
Pendahuluan | 30 menit
1. Memberi salam dan berdo’a sebelum belajar (khusus untuk jam pertama)
2. Memeriksa kehadiran siswa
3. Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
5. Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
2. Memeriksa kehadiran siswa
3. Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
4. Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
5. Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6. Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
Inti | 45 menit
Fase 1
Mengamati
Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan berkaitan dengan layout dan komposisi.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh guru.
Mengamati
Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan berkaitan dengan layout dan komposisi.
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh guru.
Fase 2
Menanya
Guru memotivasi peserta didik pada masing-masing kelompok untuk menanyakan berkaitan dengan layout dan komposisi.
Guru memeriksa hasil kerja peserta didik
Fase 3
Mengumpulkan informasi
Guru mendorong dan membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi (mengeksplorasi) layout dan komposisi.
Fase 4
Mengasosiasi
• Menganalisis data hasil diskusi
• Membuat kesimpulan hasil diskusi
Fase 5
Mengkomunikasikan
Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari fungsi ayout dan komposisi.
Penutup | 15 menit
1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama
Pertemuan 2
Alokasi waktu : 3 x 45 menit
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama
Pertemuan 2
Alokasi waktu : 3 x 45 menit
Pendahuluan | 15 menit
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
4. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengingatkan siswa tentang materi
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai
4. Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengingatkan siswa tentang materi
sebelumnya.
Inti | 105 Menit
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya (mengkomunikasikan)
• Guru mendorong peserta didik untuk memamerkan hasil karya berupa laporan hasil diskusi kelompok
• Peserta didik memamerkan hasil karya laporan hasil diskusi kelompok
• Guru menugaskan peserta didik untuk menyempurnakan diagnosis
Peserta Menyampaikan hasil konseptualisasi berbagai parameter bentuk layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis. dalam bentuk lisan ataupun tertulis
Penutup | 15 menit
• Guru mendorong peserta didik untuk memamerkan hasil karya berupa laporan hasil diskusi kelompok
• Peserta didik memamerkan hasil karya laporan hasil diskusi kelompok
• Guru menugaskan peserta didik untuk menyempurnakan diagnosis
Peserta Menyampaikan hasil konseptualisasi berbagai parameter bentuk layout dan komposisi pada lembar kerja desain grafis. dalam bentuk lisan ataupun tertulis
Penutup | 15 menit
1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama
2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama
I. Alat/Media/Sumber Belajar
Alat / Media
1. Alat/Bahan : Perangkat Komputer , Laptop dan software desain grafis
2. Media : Perangkat Komputer, Laptop, Lcd proyektor sebagai media presentasi
3. Sumber Belajar : buku panduan desain grafis, internet, video tutorial desai grafis.
Alat / Media
1. Alat/Bahan : Perangkat Komputer , Laptop dan software desain grafis
2. Media : Perangkat Komputer, Laptop, Lcd proyektor sebagai media presentasi
3. Sumber Belajar : buku panduan desain grafis, internet, video tutorial desai grafis.
Penilaian
a. Penilaian Sikap
1) Instrumen dan Rubrik Penilaian
2) Indikator Penilaian Sikap
b. Penilaian Pengetahuan
1) Kisi-kisi dan soal
2) Opsi Jawaban
3) Instrumen dan Rubrik Penilaian
c. Penilaian Keterampilan
1) Instrumen dan Rubrik Penilaian
2) Indikator Penilaian Keterampilan
a. Penilaian Sikap
1) Instrumen dan Rubrik Penilaian
2) Indikator Penilaian Sikap
b. Penilaian Pengetahuan
1) Kisi-kisi dan soal
2) Opsi Jawaban
3) Instrumen dan Rubrik Penilaian
c. Penilaian Keterampilan
1) Instrumen dan Rubrik Penilaian
2) Indikator Penilaian Keterampilan
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
Tes tertulis bentuk uraian
Mengetahui, Bokat, Juli 2020
Kepala SMKN 1 Bokat Guru Mata Diklat
Dra. Fatmawati A. Dompal, M.Pd Abdullah, S.Pd
NIP. 196405021995022001 NIP 198607282017081001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar